Google Translate Bahasa Indonesia sudah tersedia

translate_beta_res1Setelah sekian lama, akhirnya google saat ini mendukung translate web site (kalimat) ke bahasa Indonesia. Bersama dengan ini saat ini google translate manambah lagi 11 bahasa, yaitu : Catalan, Filipina, Hebrew, Indonesia, Latvia, Lithuania, Serbia, Slowakia , Slovenia, Ukrainia dan Vietnam. Sehingga saat ini google mendukung 35 bahasa Internasional.

Di sebagian fasilitasnya, google melakukan translate bahasa ke Inggris dahulu baru kemudian ke bahasa yang di inginkan, termasuk Indonesia. Misalnya ingin terjemah Indonesia ke Vietnam, maka google akan melakukan translate ke Inggris terlebih dahulu kemudian baru ke Vietnam.

Dengan begitu memang hasil yang didapat akan lebih baik jika salah satu bahasanya Inggris. Meskipun begitu ini termasuk kemajuan yang sangat bermanfaat, karena permasalahan bahasa yang menghambat laju informasi mulai bisa diatasi.

Jika dibandingkan dengan software komersial translate bahasa yang banyak beredar, maka google mengklaim berbeda dengan mereka. Mereka biasanya mengembangkan berdasarkan pendekatan aturan-aturan tertentu dan memerlukan banyak kerja untuk mendefinisikan vocabulary dan grammar. Untuk Google translate menggunakan pendekatan yang berbeda karena lebih mendekatkan pada sample terjemahan oleh manusia, yang selanjutnya dilakukan pembelajaran teknik statistik untuk menghasilkan model terjemahan. Tentu saja dengan data jutaan kata atau text. Selengkapnya baca Metode Google translate.

Dengan pendekatan itu google mengklaim kelebihannya yaitu skalabilitas. Sehingga meski awalnya hanya beberapa bahasa, bisa ditambah dengan berbagai bahasa di dunia dengan hasil yang cukup bagus. Selengkapnya bisa dibaca blog goolge tentang hal ini disini

Setelah mencoba sendiri, hasilnya memang cukup bagus, berikut contoh terjemahan 2 paragraf dari blog google :

Bahasa Inggris :

Google Translate added 11 new languages: Catalan, Filipino, Hebrew, Indonesian, Latvian, Lithuanian, Serbian, Slovak, Slovenian, Ukrainian and Vietnamese. Google’s machine translation service now supports 35 languages and you can use it to translate text between any combination of languages.

In most cases, Google uses English as an intermediary language, so when you translate a text from Indonesian to Vietnamese, Google translates the text to English and then it translates the result to Vietnamese. You’ll get the best results when one of the languages is English, since Google needs a single translation.

Hasil terjemahan :

Google Translate menambahkan 11 bahasa baru: Indonesia, Filipina, Yahudi, Indonesia, Latvia, Lithuania, Serbia, Slovakia, Slovenia, Ukraina dan Vietnam. Google mesin layanan terjemahan sekarang mendukung 35 bahasa dan Anda dapat menggunakannya untuk menerjemahkan teks antara kombinasi bahasa apapun.

Dalam kebanyakan kasus, Google menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa perantara, sehingga ketika menerjemahkan teks dari Indonesia ke Vietnam, Google menerjemahkan teks ke Bahasa Inggris dan kemudian menerjemahkan hasil ke Vietnam. Anda akan mendapatkan hasil yang terbaik, ketika salah satu adalah bahasa Inggris, sejak Google kebutuhan satu terjemahan.

Ingin mencoba langsung ? Bukan saja Google Translate (ebsoft )

  1. Thanks a lot for sharing this with all of us
    you really recognise what you’re speaking approximately!

    Bookmarked. Kindly also visit my web site =). We can have a
    hyperlink trade contract among us

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: