SURAT LAMARAN PEKERJAAN

Kamu mungkin pernah melihat, menerima, ataupun membaca surat lamaran kerja. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat dari seseorang yang berhubungan dengan ajuan untuk mengisi sebuah pekerjaan. Surat lamaran merupakan langkah awal untuk memperoleh pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan bersifat formal atau resmi, misalnya, surat surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan, ataupun jabatan tertentu sesuai dengan iklan yang ditawarkan. Surat lamaran bukan ditujukan pada direktur atau pemimpin tertinggi perusahaan. Surat lamaran lazim ditujukan pada mmanajer personalia atau manajer sumber daya manusia. Alasannya, orang- orang dalam posisi tersebutlah yang pertama kali menerima surat. Dengan kata lain, manajer personalia atau manajer sumber daya manusia memilikimkewenagan untuk mempertimbangkan seseorang bergabung dalam perusahaannya atas kesepakatan pemimpin perusahaan.  Dalam surat lamaran pekerjaan, terdapat unsur- unsur surat, yaitu :
1.    kepala surat;
2.    alamat yang dituju;
3.    tanggal penulisan surat;
4.    salam pembuka;
5.    pembuka surat;
6.    isi;
7.    identitas atau jati diri pelamar;
8.    tujuan surat lamaran pekerjaan;
9.    lampiran persyaratan yabg ditentukan;
10.    penutup surat;
11.    tanda tangan dan nama jelas pelamar;
Karena sifatnya memohon dan berkeinginan untuk dikabulkan, maka dalam menulis surat lamaran perlu memperhatikan hal- hal berikut ini :
1.    pergunakan kertas putih dan bersih.
2.    sebaiknya ditulis tangan dengan menggunakan bolpoin tinta hitam atau sesuai dengan permintaan.
3.    menggunakan bahasa yang efektif dan bersahaja dengan kalimat yang singkay dan jelas.
4.    memenuhi syarat- syarat yang diminta dengan melampirkan bukti fisiknya.
Penulisan surat lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa yang baik, sopan dan simpatik agar menarik hati orang yang memberikan lowongan pekerjaan tersebut. Dalam penulisan tersebut, kamu juga harus menggunakan kalimat yang efektif dan komunikatif, penggunaan bahasa baku, serta ejaan yang tepat dan benar. Semua itu harus ditulis atau diketik dengan rapi dan jelas.
Saat menulis surat lamaran pekerjaan, selain memperhatikan sistematikanya, kamu pun harus memperhatikan penggunaan kebahasaannya, seperti struktur, diksi, kejelasan kalimat, kaitan antarkalimat, dan EYD.
Dalam hal struktur, kamu dapat melihat dari susunan kalimat, seperti contoh ini :
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih. ( benar)
Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.  (salah)
Diksi atau pilihan kata dalam surat lamaran pekerjaan harus tepat. Hal ini dapat dilihat dalam contoh berikut.
Dengan hormat, (benar)
Dengan salam, (salah)
Penggunaan kalimat pun harus disingkat dan jelas. Jangan menulis dengan panjang lebar karena akan membuat jenuh saat membacanya. Berikut contoh kalimat yang singkat, tetapi jelas
Demikian permohonan saya, agar dapat dipertimbangkan.
Adapun mengenai kaitan antarkalimat (kohesi), haruslah saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan yang lainnya. Selain itu tanda baca pun harus diperhatikan. Contoh :
PT. GAS Surabaya (salah)
Seharusnya “PT” tidak diikutu dengan tanda baca titik (.)
PT GAS Surabaya (benar)
Adapun lampiran surat lamaran pekerjaan diantaranya ialah :
1.    fotokopi identitas diri;
2.    fotokopi ijazah terakhir;
3.    surat keterangan kelakuan baik;
4.    surat keterangan pencari kerja;
5.    daftar riwayat hidup;
6.    foto.
Surat lamaran pekerjaan biasanya dibuat berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di surat kabar atau majalah. Adapula yang berdasarkan iklan media elektronik seperti radio dan televisi.penulisannya harus mencantumkan iklan media cetak tersebut.
Atas dasar apa atau dari mana informasi lowongan pekerjaan itu didapatkan.selain itu anda harus mencantumkan curriculum vitae. Kemudian, jelaskan pula beberapa kemampuan yang kita miliki :nilai jual”sehingga dapat “dibeli” oleh perusahaan. Kita harus jujur menuliskan segala hal yang berkaitan dengan kita sebab hal ini merupakan langkah awal untuk tampil sebagai seorang professional sejati. Akhirnya, kita mencantumkan cap diri atau tanda tangan sebagai bukti tanggung jawab atas beberapa keterangan dalam surat tersebut. Setelah itu, kamu dapat membuat surat lamaran pekerjaan bedasarkan iklan lowongan kerja.
Surat lamaran pekerjaan barfungsi mengajukan permohonan untuk berkerja disuatu perusahaan atau seseorang dengan syarat- syarat yang ditentukan, seperti diperuntukan bagi pria dan wanita, pendidikan SMA, dan usia minimal 20 tahun, dan sebagainya.

About these ads
  1. Trimakasih atas Tips nya…kunjungi balik ya

  2. Terimakasih banyak atas info sepenting ini….

  3. Kalo lampirannya kebanyakan juga tidak bagus. Lampiran yang secukupnya saja . . . . .

    • Bang Mamoe
    • Desember 9th, 2010

    Makasih bnyak info nya bang.. Kalo gak ada situs ini, td saya gak bisa jawab soal esay ulum smester hehe skali lg mkasih bnyak

    • dhyna nha dhyna
    • September 8th, 2011

    makasihh atass infonya.
    memudahkan saya dalam mengerjakan tugas bhs indonesia…..

  4. ini nih unsur2 surat lmaran kerja yg bs dibilang lenkgap.. ak cari2 , semuanya aneh2 di blog lain . hanya blog ini yg berbeda. ( ga tau ya kalo yg lain ada, asal dpt ini, lgsg serobot ajah haha) thx for sharing!

  5. makasi bro….. ngebantu gw bnget ni ……. one more thnk’s you so much…. ^_^

    • Ani asyriah
    • Desember 1st, 2011

    kasih contoh soal2 mengenai materi ini dong..?

    • ADI PUTRA
    • Februari 3rd, 2012

    bng tolong kasih contoh y

    • Iin Nindy
    • September 13th, 2012

    wah lengap, terima kasih infonya

  6. Makasih ya…a…a…

  7. thanks for tips…

    • jimi
    • Desember 3rd, 2013

    biasa aja deh

    • jimi
    • Desember 3rd, 2013

    Midah’s Project :
    thanks for tips…

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: