MUSIK ANSAMBEL

Pada zaman dahulu, orang menciptakan musik semata-mata untuk kepentingan upacara ritual, yaitu sebagai pengantar doa kepada dewa atau sesuatu yang mereka percayai. Musik yang mereka ciptakan, belum menggunakan alat-alat musik sebagaimana kita ketahui saat ini.
Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, alat musik mengalami perubahan. Sebelumnya, orang yang hanya memanfaatkan tubuh sebagai alat musik dan hanya bersifat ritmis.
Musik merupakan napas bagi kehidupan semua orang. Musik mampu menyatukan berbagai perbedaan yang ada di antara manusia. Bahkan, musik mampu menjadi media komunikasi di antara semua lapisan masyarakat tanpa memperdulikan perbedaan harkat dan martabat.
Perkembangan yang terjadi pada musik saat ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan tatanan kehidupan manusia. Musik saat ini tidak lagi dijadikan sarana peribadatan, tetapi sudah menjadi sarana hiburan dan pendidikan. Musik saat ini telah menjadi sesuatu yang universal dan dapat dinikmati semua orang.
A.    MEDIA KOMUNIKASI MELALUI MUSIK
1.    Musik sebagai sarana peribadatan
Di beberapa daerah di Indonesia, musik sangat menyatu dengan kehidupan masyarakat. Masyarakat suatu daerah sangat menjungjung tinggi, memelihara, dan menghormati nilai-nilai yang terkandung di dalam musik. Dengan demikian, musik suatu daerah dapat lestari hingga saat ini.
Masyarakat Sunda, khususnya dalam tradisi bercocok tanam padi, melakukan ritus-ritus untuk memuliakan dan menghormati Dewi Padi atau Dewi Sri. Angklung merupakan salah satu alat bunyi-bunyian yang kadang-kadang disertai dengan nyanyian merupakan salah satu sarana untuk menghormati Nyi Pohaci Sangyang Sri.
Angklung sebagai ritus dari penanaman padi masih digunakan oleh orang sunda yang berdiam di pedal aman, seperti di ciptarasa (tergabung dalam kesatuan Banten Kidul), Kabupaten Sukabumi, Cipining (bogor), cijulang (Ciamis), Sanding (garut), dan Arjasari (Bandung).
2.    Musik sebagai sarana pendidikan
Awalnya, musik hidup dan berkembang di lingkungan nonformal. Masyarakat luas yang memiliki kepedulian dan kepentingan tertentu berusaha melestarikan musik. Untuk lebih melestarikannya masyarakat menjadikan musik sebagai bagian dari bidang pendidikan. Dengan begitu para generasi penerus memiliki wawasan budaya dan sikap kreatif untuk menghargai karya-karya musik, baik dari para seniman lama atau baru.
Alat-alat musik yang kerap diajarkan cara memainkannya disekolah-sekolah formal, antara lain recorder, suling, calung, pianika, keyboard, kecapi, gendang, gitar, angklung, serta gandelan.
3.    Musik sebagai sarana hiburan
Musik sebagai sarana hiburan biasanya kita temukan pada perayaan pesta pernikahan, khitanan, pesta rakyat, dan sebagainya. Musik tersebut sipatnya menghibur para penonton. Karena itu kadang-kadang kualitas musiknya kurang baik. Misalnya kualitas tidak penting, yang penting musik dapat mengikuti selera penonton. Dan akhirnya, penonton puas melihat pagelaran musik. Sebagai contoh kesenian angklung, menjadi salah satu hiburan masyarakat yang digelar disanggar seni “Saung Angklung Udjo” yang dahulu dipimpin oleh Bapak Udjo Ngalagena.
B.    BENTUK SAJIAN
Dalam suatu pagelaran musik, penonoton akan melihat penyajian alat musik.
1.    Permainan tunggal atau konser tunggal ialah bentuk permainan musik yang disajikan seorang pemain dengan satu/beberapa alat musik.
2.    Permainan bersama atau ansambel ialah bentuk permanian musik yang disajikan beberapa orang atau sekelompok orang dengan sejumlah alat musik, baik alat musik sejenis maupun alat musik berbeda.
Hal-hal yang dapat mempengaruhi kedua bentuk penyajian musik ialah:
1.    Jumlah pemain musik (musisi)
2.    Jumlah alat musik
3.    Luas gedung (tempat pertunjukan)
4.    Konteks pagelaran
C.    JENIS SUMBER BUNYI ALAT MUSIK
Ada beberapa cara seseorang dapat memainkan alat musik agar alat musik mengeluarkan suara yang bagus. Cara memainkan alat musik, antara lain dengan ditiup, digesek, dipetik, dan dipukul.
1.    Alat musik tiup, misalnya recorder, terompet, dan harmonica.
2.    Alat musik gesek, misalnya biola, selo, dan rebab.
3.    Alat musik petik, misalnya gitar, mandolin, dan kecapi.
4.    Alat musik pukul, misalnya untuk alat musik pukul bernada yaitu gamelan, calung, dan kolintang. Sedangkan untuk alat musik pukul tidak bernada seperti tamborin, rebana, dan gendang.
D.    FUNGSI ALAT MUSIK
Alat musik juga dapat dikelompokkan berdasarkan fungsinya, yaitu:
1.    Alat Musik Melodis
Alat musik melodis adalah alat musik bernada yang dapat difungsikan sebagai pembawa alur melodi atau rangkaian melodi. Contoh alat musik ini adalah flute, harmonica, dan seksofon.
2.    Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada, alat ini difungsikan sebagai pembawa irama sehingga karya musik yang dimainkan dapat stabil. Contoh alat musik ini adalah gendang, tamborin, dan triangle.
3.    Alat Musik Harmonis
Alat musik harmonis adalah alat musik yang dapat menghasilkan paduan akor secara harmoni. Contoh alat musik ini adalah gitar, piano, dan akor deon. Alat musik ini difungsikan untuk mengiringi lagu.
E.    MEMAINKAN ALAT MUSIK
Memainkan alat musik hendaknya dilaksanakan sebaik mungkin. Pelatihan yang baik bukan berarti jumlah pelatihannya sering, melainkan pelatihan yang teratur dan berkualitas. Kualitas permainan ialah apabila kita melakukan kesalahan, kita menganalisis masalah tersebut dan langsung memperbaikinya. Selanjutnya, kita mengulangi terus pelatihan kita sampai benar-benar tidak ada kesalahan.
F.    BERLATIH MUSIK DENGAN ALAT MUSIK RITMIS
Alat musik ritmis ialah alat musik yang dapat memberikan atau mengeluarkan irama tertentu ketika dimainkan bersama-sama. Untuk memainkan alat musik ini, kita memerlukan notasi ritmis.
Notasi ritmis adalah notasi yang digunakan dalam pagelaran musik ansambel. Notasi ritmis dapat berupa notasi blok, notasi gambaran, atau berupa tanda-tanda tertentu. Pemakainan notasi bergantung pada komposer dalam menuliskan notasi sehingga notasi dapat mempermudah para musisi dalam memainkan suatu karya musik.

About these ads
    • iip rock
    • Februari 19th, 2009

    musik adalah hidupku…..

    • iip not rocks at all, AT ALL!
    • September 28th, 2009

    yo, music sucks dude! and iip, u are not rock at all. i said, AT ALL! u ugly reaterder gayness person

    • risma
    • Februari 5th, 2010

    jadi inget masa lalu ..

  1. hahahah….jadii inet masa” lalu .:)

  2. farhana udh blom nyari musik ansambel.a ,pusinG nii gue :(

  3. alpih luph you… :)

    • ana_aldy
    • Februari 16th, 2010

    udah dissssssssss… udah mau jadiii

  4. ana…… :)

  5. ogh..ywdh …heheheh :)

    • ana_aldy
    • Februari 16th, 2010

    apaaaaaaaaaaaaaaaaaa :P

    ANA
    LOVE
    ALDY

  6. hahahah…cie” ana luoph aldi :D

    • ana_aldy
    • Februari 17th, 2010

    apaan sih adiesssssssssss

  7. hahahahha….cieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee :D

  8. anaaaaaaaaaaaaaa gue sebeL bgt am k’k gue .:(
    gue benci bgt am k’k gue…taiiiii

    • ana_aldy
    • Februari 17th, 2010

    knapa mang nya kk loooooooooooooooo

  9. tau dech pokok.a gue sebeL bgt am kk gue kyk taii :(

    • farhana
    • Februari 19th, 2010

    yawdah sabar ajahhh ma kk lo dissssssssss

    • azzam
    • Februari 28th, 2010

    i like music

  10. thx ya mas/ mba yg nulis.. info ini bisa jdi bahan tugas skol nih.. skali lgi thx ya.. :D

    • abel
    • Juni 3rd, 2010

    kok gak banyak trus tentang ansambelnya mana?

    • Aulia
    • Juni 21st, 2010

    kasih info tentang instrument keyboard donkkk……… n sejarahnya
    tapi tulisannya dah bagus kok… makasih yachhh

    • resres
    • Juli 25th, 2010

    music is my life, if i`m down i always listen to the music. cause music can make me happy.

    • alissa mega chandra
    • Agustus 5th, 2010

    keren!!!

    • alissa mega chandra
    • Agustus 5th, 2010

    :p kerenn bangeeeetttt hahhhhhaaahahah tapi gua ngaak sbrapa suka,… hahhhahaha

    • bambang
    • Agustus 9th, 2010

    mana defenisi ansambelnya? koq malah menceritakan fungsi musik dan fungsi alat musiknya? gak jelas lo………..!

    • Aswien Dharmawan
    • Agustus 30th, 2010

    Semoga untuk kedepannya halaman web ini menampilkan Contoh contoh dari alat musik itu Harmonis, Melodis, & Ritmis, Thanks

  11. music soooo niceeee :D

    • kanca
    • Oktober 4th, 2010

    :-)

    • ayu,devaya,ketut
    • Oktober 10th, 2010

    udah lengkap rangkumannya
    trim’s

    • asti rizqi savitri
    • Oktober 24th, 2010

    aku lagi duduk di kelas 5 aku sedang mempelajari alat musik ansambel sususah banget mengerjakanya

    • trio
    • November 3rd, 2010

    banyak yang nyari buat bahan tugas ya….

    maaf belum bisa di tambah lagi artikelnya…

    semoga artikelnya bermanfaat….

    • XXX
    • Desember 9th, 2010

    I LOVE PRATIWI 9A 2010-2011

    • Naxrest
    • Januari 23rd, 2011

    I LOVE IMAS……!!!!

    • tya sintya ctia clalu
    • Februari 18th, 2011

    :) :(

    • PradaIlma
    • Februari 23rd, 2011

    ya ampuuwn…
    apikapikapik…
    i like your file…
    itu yang aku cari sangat amat tepat buat TUGAAAssssssss!
    hadowgh,,
    RibbeeTTT beautZZzz!!
    akhirnya,,
    KTEMUU!dech!
    MAKCIH Y Atas filenya…
    kembangkan trus!!

  12. alat musik berbagi alat musik nasional dan ansambel musik dan pakaian yang berbentuk batik dan juga alat musik ritmis
    alat musik melodis
    alat musik harmonis itu beri alat musik internasional yg bagi alat musik ansambel terbentuk suara yang terbesar

    • saniethaienthan
    • Desember 1st, 2011

    baguzzzz

    • zz-.-“
    • Desember 11th, 2011

    Gak jelas–” w nyari musik ansambel..! Sngaja ke blog ini.. Malah ketemu sejarahnya ama bla bla bla.. Yg gak penting.. Ckckckck

    • mifta
    • Desember 21st, 2011

    wahhhhhhhhhh aq jdi tw byak soal musik………..

    • dian
    • Maret 21st, 2012

    krang lngkap :-)

    • cindy
    • September 13th, 2012

    sangat membantu tapi ada yg kurang
    (y)

  13. FUCK U BITCHES! ASSDICKERS!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: