PARAGRAF INDUKTIF

A.    Pengertian Paragraf Induktif
Teks induktif dikembangkan dari sesuatu yang bersifat khusus, lebih spesifik, menjadi suatu kesimpulan yang bersifat umum, lebih luas. Akan tetapi, kita harus hati-hati dalam menarik kesimpulan menggunakan pola induktif karena kesimpulan umum yang diambil belum tentu dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, agar kesimpulan yang diambil sesuai dengan kenyataan, data, fakta, bukti, referensi, dan keterangan lain yang dijadikan dasar pengambilan kesimpulan haruslah lengkap dan akurat.

B.    Mengenal Ciri Paragraf Induktif
Paragraf merupakan satuan pikiran atau ide yang terdiri atas beberapa kalimat. Paragraf itu biasanya berisi satu ide pokok yang merupakan bagian dari ide yang lebih besar (ide yang lebih besar biasanya disebut tema). Satu ide pokok itu dikembangkan dan dituangkan dalam beberapa kalimat. Kalimat-kalimat itu tetap bertumpu pada ide pokoknya. Dalam mengembangkan paragraf tidak boleh menggunakan kalimat yang menyimpang dari ide sentralnya itu, sebab penyimpangan berarti mengurangi keutuhan paragraf. Dalam sebuah karangan, perpindahan paragraf satu ke paragraf lain ditandai oleh bergantinya ide pokok.
Paragraf induktif disusun dengan cara menata ide-ide khusus dan diikuti dengan ide umum. Ide-ide khusus seperti contoh, ilustrasi, perincian (disebut penunjang atau pendukung) ditampilkan pada bagian awal paragraf dan kemudian disimpulkan denagn ide yang lebih umum.ide yang lebih umum itu biasanya berupa kalimat kesimpulan (disebut kalimat topik) dan kadang-kadang diikuti oleh suatu pernyataan pembenaran.

C.    Paragraf Induktif dengan Pola Kausal (sebab akibat)
Berupa sebab sampai kepada kesimpulan yang merupakan akibat atau sebaliknya. Pada umumnya hubungan sebab akibat dapat berlangsungdalam tiga pola, yaitu sebab ke akibat, akibat ke sebab, dan akibat ke akibat. Namun, pola yang umum dipakai adalah sebab ke akibat dan akibat ke sebab. Ada 3 jenis hubungan kausal, yaitu:

(1).    Hubungan sebab-akibat.

Yaitu dimulai dengan mengemukakan fakta yang menjadi sebab dan sampai kepada kesimpulan yang menjadi akibat. Pada pola sebab ke akibat sebagai gagasan pokok adalah akibat, sedangkan sebab merupakan gagasan penjelas.
Contoh:
Anak-anak berumur 7 tahun mulai memasuki usia sekolah. Mereka mulai mengembangkan interaksi social dilingkungan tempatnya menimba ilmu. Mereka bergaul dengan teman-teman yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Dengan demikian, berbagai karakter anak mulai terlihat karena proses sosialisasi itu.

Gagasan pokok: Dengan demikian, berbagai karakter anak mulai terlihat karena proses sosialisasi itu.
Gagasan penjelas:
a.    Anak-anak berumur 7 tahun mulai memasuki usia sekolah.
b.    Mereka mulai mengembangkan interaksi social di lingkungan tempatnya menimba ilmu.
c.    Mereka bergaul dengan teman-teman yang berasal dari latar belakang berbeda.

(2).    Hubungan akibat-sebab.

Yaitu dimulai dengan fakta yang menjadi akibat, kemudian dari fakta itu dianalisis untuk mencari sebabnya.
Contoh:
Dalam bergaul anak dapat berprilaku aktif. Sebaliknya, ada pula anak yang masih malu-malu dan selalu dan mengandalkan temannya. Namun, tidak dapat di pungkiri jika ada anak yang selalu mambuat ulah. Hal ini disebabkan oleh interaksi sosial yang dilakukan anak ketika memasuki usia sekolah.
Gagasan pokok : Hal ini disebabkan oleh interaksi sosial yang dilakukan anak ketika memasuki usia sekolah.
Gagasan penjelas :
1).    Dalam bergaul anak dapat berperilaku aktif
2).    Sebaliknya, ada pula anak yang masih malu-malu dan selalu mengandalkan temannya.
3).    Namun, tidak dapat dipungkiri jika ada anak yang selalu membuat ulah.

(3).  Hubungan sebab-akibat1-akibat2

Yaitu dimulai dari suatu sebab yang dapat menimbulkan serangkaian akibat. Akibat pertama berubah menjadi sebab yang menimbulkan akibat kedua. Demikianlah seterusnya hingga timbul rangkaian beberapa akibat.
Contoh paragraf kausal :
Mulai tanggal 2 april 1975 harga berbagai jenis minyak bumi dalam negeri naik. Minyak tanah, premium, solar, diesel, minyak pelumas, dan lain-lainnya dinaikan harganya, karena pemerintah ingin mengurangi subsidinya, dengan harapan supaya ekonomi Indonesia makin wajar. Karena harga bahan baker naik, sudah barang tentu biaya angkutanpun akan naik pula. Jika biaya angkutan naik, harga barang pasti akan ikut naik, karena biaya tambahan untuk transport harus diperhitungkan. Naiknya harga barang akan terasa berat untuk rakyat. Oleh karena itu, kenaikan harga barang dan jasa harus diimbangi dengan usaha menaikan pendapatan rakyat.

About these ads
    • syahrul ramadhan
    • Januari 15th, 2009

    tolong kirim contoh karangan paragaraf induktif ke email saya..!

    • hery
    • Januari 31st, 2009

    bagus banget ni situs jadi tahu perbedaan paragrap deduktif dan induktif

    • phani
    • Mei 17th, 2009

    Duh….. Ne informasi lengkap banget. SALUUUT

  1. KOK cMa induktiF deduktiF ma camPuran nya mana niCgh???

    • Andira Sces
    • Juli 21st, 2009

    Wow..
    SaluTtt…

    • Fiah
    • Agustus 26th, 2009

    Asslm…mksih atas ilmux…skg Q bz tau gmn crax bedain induktif n deduktif.,key smangat indonesia.:-)

    • fuji smansa mozar(x-7)
    • September 4th, 2009

    ouW,, yAcH kOq gK dA cOntHx yG jEnIz2 iDe pOkOkX cE,,,!!!!!?????

    • fuji smansa mozar(x-7)
    • September 4th, 2009

    eItZ hMpIr zA LpE,,bWt aNk x-7 yG dI RSBI SMANSA MOZAR,,tRuZ cAhyO jAyA tRuZ jAnGaN kALaH aM cKuL dI RSBI SMANIKA,,,,oKaYYYY

  2. Aduh Q saLutT BGT cz kmrin th q bngung ap it iNDUKTIF N dEDUKTIF tpi krna Ad GOOGLE jd g” bingung lgi deh,Akhir kata sy mau ucpin “53L4M4T M3NUN41K4N 1B4D4H PU454″(“_-)

    • andri
    • September 28th, 2009

    maksih y atas ilmu nya..
    jadi saya bisa tahu semua tentang paragraf dedUktif,induktif dan paragraf kausal

    • avi’en aja
    • Oktober 12th, 2009

    wah komplit penjelasanny…
    tp klo bisa ditambahin yg bnyak contohnya biar tambah paham..

    • dhede
    • Oktober 14th, 2009

    thnks bgd yhaa ilmu’a..
    jdy bs nyelesain PR dueh.. hehehe

  3. minta contoh dari paragraf induktif lah

    • icha
    • November 9th, 2009

    minta contoh paragraf induktif dunk yang ceritanya panjang

    • cobi
    • November 11th, 2009

    JUAL>>CHAR RF ONLINE SERVER GALAXY,,FE
    JOB:ASSAULTER LV 49,,NICK ‘badwolves’
    PT BAGUS.,EQUIP&WEAPON LUMAYAN BGS(BISA KILL YOUNG FLEM DGN 1 KALI TEBAS)
    KLO MINAT WHIPS D FB GW AJA”siege_mode@plasa.com”,,or call 66600401
    DAERAH JAKARTA ONLY(KTEMUAN LEBIH BAGUS)

    • christa
    • Desember 8th, 2009

    makasih banget ya! w jadi bisa ngerjain tugas gw.

    • Yeni
    • Desember 12th, 2009

    Woi..hbt c0!!,krn ilmu loe,tgs que jd sp nech..hehe..thank’s y..

    • Fitrie
    • Februari 22nd, 2010

    mkaceh ea berqat cmua pnjelasannya aquw bicha ngerjaen tgas bhsax
    thakz yaaaa …….

  4. ini yang saya cari buat tugas b.indo saya … makasi gan .. oya ijin contoh paragraf.na saya upload di web saia…untuk tugas gan..
    oya ane minta contoh2 paragraf deduktif n induktif dung…
    kirim ke email ya gan..
    tx be 4

    • ian
    • Maret 16th, 2010

    boleh minta contoh paragraf induktif dan deduktif yg tentang pertanian sama paragraf campuran tentang kesehatan….
    tolong ya……..

    • ilham
    • April 3rd, 2010

    Mksh ya ats infonya,,

    • Nick_mah
    • April 8th, 2010

    thanks
    berkat U (dr situs ini q bisa mengerjakaan soal)

    • HaSna….
    • April 8th, 2010

    contOh kaliMat/paragraf’na MAn…//??

    • ewink
    • Oktober 15th, 2010

    thx ya…..berkat blog ini gw bsa nge bntu cwe gw utk ngerjain tugass…….two thumbs dechh..

  5. tolong krimkn donk contoh dua paragrap deduksi ke email aku

    • trio
    • November 3rd, 2010

    banyak yang nyari buat bahan tugas ya….

    maaf belum bisa di tambah lagi artikelnya…

    semoga artikelnya bermanfaat….

    • Peruanti Romania
    • Januari 28th, 2011

    bagus.
    tapi alangkah baiknya bila di uraikan secara jelas dan singkat.
    terimah kasih

    • rahmah nst
    • Oktober 23rd, 2011

    contoh paragraph @ mana?

    • nur rahmah nasution
    • Oktober 23rd, 2011
    • NaTalia Esther Wardhananingsih Sanyoto
    • November 22nd, 2011

    boleh minta contohnya apa gak ?

    • gadis melayu
    • Desember 4th, 2011

    emmmm asik jga she….
    ne hasil imaji kmu sndri y…
    moga suksez j dech…………
    tentunya dalam berkarya

    • gadis melayu
    • Desember 14th, 2011

    salam kenal..

    • wardhani
    • Januari 11th, 2012

    tlong kirim contoh 1 paragraf sja kalimat tntang induktif ke E-mail sya..
    Pleace…

  6. makasihhhhhh x)

    • evant
    • Oktober 9th, 2012

    contoh,na jgn pnjang”,,
    xg simple jja…

    • hermyy jhyyzytz naaqhbeethooven
    • September 27th, 2013

    kak bleh nnya gak ????
    kbetulan kan ss jga poenya blog nma.yy hermyy fatinistic dan ss ingin memasukan karya” puisi ss ke dlam blog ss itu tpii ss tdk mngetahui bgaimana cara.yy ????

    #minta bantuan.yy naah kkak:))

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: